Kata sambutan

PERBUATLAH YANG TERBAIK BAGI HIDUPMU, TERLEBIH KEPADA TUHAN MU

Rabu, 10 Mei 2017

NEW !!!

*** PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU ***




*** PERLU ANDA KETAHUI ***


Penyebab Laptop Sering Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya 

Copyright © 2011-2013 by Sleep Bomb.

        Kali ini saya akan membahas tentang penyebab laptop mati sering sendiri dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut, ini berdasarkan pengalaman pribadi saya, saat saya sedang asik main game tiba - tiba terdengar fan laptop saya berputar dengan cepat dan beberapa saat kemudian langsung mati sendiri. Penyebabnya bisa karena software ataupun hardware, berikut ini adalah penyebab dan cara mengatasinya :

  • Laptop Terkena Virus
 
           Bila laptop anda sedang dalam kondisi normal, lalu anda connect ke internet atau anda memasukan flashdisk orang lain ke laptop anda dan laptop anda tiba - tiba sering mati sendiri kemungkinan laptop anda terkena virus dan virus tersebut membuat kerusakan pada sistem sistem operasi. Cara mengatasinya dengan Menginstall Antivirus, tetapi janganlah sembarangan menginstall antivirus, installah antivirus yang telah teruji keamanannya, silahkan baca Artikel berikut : 10 Anti Virus Terbaik di Dunia
  • Sistem Operasi Bermasalah
 
           Sistem operasi yang bermasalah biasanya ada file system atau program yang crash sehingga mengakibatkan sistem komputer tidak stabil lalu mati dengan sendirinya atau sering blue screen. Cara mengatasinya coba perbaiki dengan CD / DVD sistem operasi yang anda pakai, misalnya Windows 7, masukan DVD Windows 7 nya lalu boot dari DVD Windows tersebut, lalu jalankan Start Up Repair. Saya tidak akan membahas terlalu dalam tentang bagaimana cara merepairnya, untuk lebih jelasnya anda dapat mencari referensi nya di google. Bila cara repair tidak berhasil berarti cara mengatasinya adalalah dengan menginstall ulang sistem operasinya. Pilihlah sistem operasi yang sesuai dengan hardware laptop anda.
  •  Overclock 
Berubahnya settingan pada BIOS terkadang berdampak pada kinerja Laptop/notebook atau pc anda, dikarenakan setingan Overclock yang salah atau berlebihan. Solusinya adalah lakukan settingan ulang pada BIOS dengan settingan default (karena setingan ini adalah setingan originalnya).
  •   RAM Bermasalah
             RAM merupakan bagian dari laptop yang bisa dibilang penting dalam laptop karena berfungsi sebagai penyimpanan data sementara saat kita menjalankan program, bisa jadi penyebab laptop anda sering mati sendiri terletak pada RAM. Cara mengatasinya buka casing laptop anda lalu buka RAM nya, tapi sebelum anda melakukannya cek terlebih dahulu status masa garansi laptop anda, bila laptop anda masih dalam status garansi lebih baik anda pergi ke service center laptop anda dan keluhkan tentang laptop sering mati dengan sendirinya, tetapi bila laptop anda sudah tidak dalam status garansi dan anda berani mengambil resiko buka lah casing laptop anda dan buka RAM nya lalu bersihkan tembaga RAM dengan penghapus pensil setelah itu pasang kembali RAM dan pasang kembali casing laptop anda.
  • FAN Processor dan Saluran Pembuangan Udara Kotor
 
          Janganlah mengganggap sepele masalah ini, mungkin kotoran atau debu yang sedikit tidak akan mempengaruhi kinerja laptop anda tetapi bila kotoran atau debu telah menumpuk dapat berakibat fatal seperti overheat atau suhu yang terlalu panas. Cara mengatasinya buka casing laptop anda, tapi sebelum anda melakukannya cek terlebih dahulu status masa garansi laptop anda, bila laptop anda masih dalam status garansi lebih baik anda pergi ke service center laptop anda dan keluhkan tentang laptop sering mati dengan sendirinya, tetapi bila laptop anda sudah tidak dalam status garansi dan anda berani mengambil resiko buka lah casing laptop anda lalu bersihkan dengan kuas motherboard, fan processor, saluran pembuangan udara, bersihkan sampai ke celah terkecil, setelah selesai pasang kembali casing laptop anda.

  • Thermal Paste atau Pasta Processor Kering
 
          Biasanya masalah ini terjadi pada laptop yang telah tua atau telah berumur lama, lama kelamaan pasta processor akan semakin habis apalagi pada processor AMD yang suhunya panas. Cara mengatasinya buka casing laptop anda, tapi saya ingatkan sekali lagi sebelum anda melakukannya cek terlebih dahulu status masa garansi laptop anda, bila laptop anda masih dalam status garansi lebih baik anda pergi ke service center laptop anda dan keluhkan tentang laptop sering mati dengan sendirinya, tetapi bila laptop anda sudah tidak dalam status garansi dan anda berani mengambil resiko buka lah casing laptopbuka fan processor anda lalu oleskan thermal paste diatas permukaan processor secukupnya lalu pasang kembali fan processor anda lau pasang kembali casing laptop anda. Thermal Paste bisa anda beli di toko komputer terdekat di daerah anda, dan untuk alternatifnya bila anda tidak menemukan thermal paste anda dapat menggunakan pasta gigi, tapi pasta gigi yang digunakan haruslah ada mint nya.

  • Motherboard Rusak
  
         Masalah ini bisa dibilang sangat sulit untuk diperbaiki, bila laptop anda masih dalam status garansi maka pergilah ke service center laptop anda dan keluhkan tentang laptop sering mati dengan sendirinya, tetapi bila laptop anda sudah tidak dalam masa garansi maka saya sarankan kepada anda untuk membeli laptop yang baru, karena harga motherboard laptop itu cukup mahal harganya.

JIKA LAPTOP ATAU NOTE BOOK ANDA CEPAT PANAS

Gunakan cooling pad


Dengan membuat celah/jarak pada permukaan laptop anda memang bagus untuk sirkulasi udara, tapi lebih sempurna lagi jika anda menggunakan cooling pad , karena sangat membantu untuk mempercepat proses pembuangan panas yang dihasilkan oleh laptop anda, harga cooling pad masih terjangkau.

JARAK LAPTOP DENGAN ALAS
Usahakan Laptop atau Note book anda terletak di atas alas yang sifatnya lembut seperti : kain, busa/sponge, dll. Karena ada beberapa merk Laptop/notebook memiliki fan/kipasnya mengarah ke bawah, atau sebaliknya menyedot udara dari bawah. Disamping itu panas dari laptop akan tertahan karena tidak ada jarak dari alas laptop. Anda bisa buktikan sendiri saat memegang bawah laptop/note book anda.

Atur power option anda

cara ini yang kemarin berhasil menyelamatkan laptop saya dari kematian mendadak akibat overheating tanpa  harus bongkar-bongkar laptop yang sangat riskan,

1. akses power option, bisa melalui control panel atau start menu search


2. aktifkan high performance lalu klik change plan setting

3.  klik change advanced power setting

4. cari processor power management klik minimum power state isikan 2% untuk on battery dan 2% juga untuk on plugged in

5. jika sudah, klik maximum power state , untuk on battery isikan 80% dan untuk on plugged in juga 80%

6. klik OK
jika anda menggabungkan cooling pad dengan setting power diatas, insyaAllah komputer anda nggak akan mati-mati sendiri lagi..
sumber : eridesktop.com
















Sumber:


  • Sumber gambar: http://google.com
  • Sumber tulisan: Maman Abdurohman, ST. MT. “Organisasi & Arsitektur Komputer” 2007, penerbit Informatika Bandung

Anda belum sepenuhnya mengetahui tentang perkembangan dan generasi komputer dari zaman dulu hingga sekarang. Sebenarnya tidak ada kesepakatan resmi untuk penggenerasian komputer, tapi penggenerasian komputer ini berdasarkan ciri-ciri dan teknologi yang digunakan. Karena teknologi yang digunakan pada setiap generasi komputer selalu berganti-ganti, maka ada penggolongan pada setiap generasi komputer dengan teknologi dan ciri khas yang berbeda. Mari langsung saja simak mengenai generasi komputer, Dozou
  • PRA GENERASI
Jauh sebelum kita mengenal komputer digital, seorang profesor Matematika dari Universitas Cambridge (1827-1839), Charles Babbage (1791-1871) merancang suatu mesin yang dikenal dengan Difference Engine pada tahun 1823. Mesin yang dibuat ini masih sangat sederhana dengan menggunakan bahan-bahan mekanik. Mesin ini mampu menghitung tabel matematis. Pada tahun 1942, Babbage tidak meneruskan pengembangan mesin ini dan fokus pada pengembangan mesin lain.
generasi komputer 
Replika Difference Engine di Museum London
generasi komputer
Difference Engine
Sepuluh tahun setelah mesin pertamanya dirancang, tahun 1933, Babbage membuat konsep mesin baru yaitu Analytic Engine. Mesin ini dapat dianggap sebagai konsep awal sebuah komputer serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Babbage meninggal tahun 1871 dengan menyisakan rancangan mesin yang belum terealisasi. Namun, rancangan Babbage tidak sia-sia, karena mesin yang dia dibuat menjadi inspirasi bagi perancang-perancang berikutnya.
  • PROGRAMER PERTAMA
Ide-ide Babbage mempengaruhi generasi berikutnya termasuk didalamnya Luigi Menabrea yang mempublikasikan tulisannya di Italia. Ada Lovelace, dikenal juga sebagai Augusta Ada Byron, seorang murid Babbage yang mempublikasikan tulisannya. Dia juga menulis algoritma pertama untuk menghitung bilangan Bernoulli pada Analytical Engine. Namanya diabadikan sebagai nama bahasa pemrograman ‘Ada’ oleh departemen pertahanan Amerika Serikat sejak tahun 1980.
generasi komputer
Ada Lovelace Programer pertama
John Atanasoff seorang ilmuwan dari Iowa State University, tahun 1930-an merancang sebuah mesin Linear Equation Solver (pemecah persamaan linear). Tidak kurang dari 300 buah tabung digunakannya sebagai teknologi dasar pembangunan rancangannya ini. Mesin ini mampu menyelesaikan persamaan linear dan integral diferensial.
  • PERALIHAN GENERASI
Sebelum abad ke-20 mesin komputer dibangun dengan teknologi dasar perangkat mekanik dan listrik. Mulai tahun 1930 bisa dianggap sebagai awal babak baru rancangan mesin komputer yang merupakan awal era komputer modern.
Atanasoff-Berry Computer (ABC) (tahun 1937-1942) adalah komputer digital pertama yang mengimplementasikan perhitungan biner untuk menyelesaikan persamaan linear. Hampir bersamaan Konrad Zuse, ilmuwan Jerman merancang Z3 (1941), sebuah komputer elektrik-mekanik serbaguna yang dapat diprogram. Di Inggris Tommy Flowers merancang Colossus (1944), komputer elektronik yang dapat diprogram. Harvard Mark I (1944) dirancang oleh Howard Aiken bekerja sama dengan IBM sejak tahun 1939. Harvard Mark I dikenal juga sebagai IBM ASCC (Automatic Sequence Controlled Calculator), merupakan komputer digital otomatis pertama di Amerika. Kelebihan dari Mark I adalah otomatis penuh dan tidak memerlukan campur tangan untuk mengendalikannya.
generasi komputer
Harvard Mark I
  • TABUNG HAMPA
Perkembangan komputer pada peralihan dari mekanik ke elektronik diawali dengan perubahan komponen dasar dari komponen mekanik kepada tabung hampa. Berawal dari publikasi Thomas Alva  Edison pada tahun 1879 tentang bola lampu pijar yang diteruskan dengan percobaannya pada tahun 1883 tentang elektron dalam ruang hampa yang dikenal dengan efek Edison.
Penemuan Edison mempengaruhi peneliti lain di Inggris, John Ambrose Fleming yang menemukan bahwa efek Edison dapat menagkap gelombang radio dan mengubahnya menjadi listrik. Fleming membuat tabung hampa dua-elemen yang disebut dioda. Pada tahun 1906 peneliti Amerika, Lee de Forest menemukan elektroda ketiga yang disebut trioda yang dapat berfungsi sebagai penguat sekaligus switch. Dengan kemampuannya ini, trioda, berdampak terhadap perkembangan komputer digital.
Setelah Tabung Hampa yang termasuk ke generasi pertama komputer, maka akan ada sampai 5 generasi hingga sekarang tentang perkembangan komputer dan teknologi yang digunakan. Pasti semakin menarik nih pembahasan selanjutnya, karena kita akan membahas lebih mendalam tentang komputer generasi 1-5.
Setelah memasuki era komputer generasi pertama. Dengan teknologi yang berbeda dan canggih dari sebelumnya pada saat itu. Dari generasi pertama ini sudah peralihan dari teknologi mekanik ke teknologi elektrik. Bagaimana sih perkembangannya? Dan komputer apa saja yang dicipatakan pada saat itu? Mari kita simak!
  • KOMPUTER GENERASI PERTAMA
Awal generasi konputer ditandai dengan kemampuan komputer untuk menyimpan program dalam memori. Sebelumnya komputer mekanik dan elektrik tidak menyimpan program dalam memori, tapi program-program ditulis dalam kartu yang dilubangi kemudian dieksekusi yang disebut dengan punch card. Pada komputer stored-program komputer dikontrol oleh program yang disimpan di memori komputer. Program dibuat dengan menggunakan bahasa mesin yang terdiri dari bilangan 1 dan 0. Komputer yang ada di generasi pertama antara lain:
  • ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer)
ENIAC dirancang oleh Dr. J. Presper Eckert dan Dr. John W. Mauchly dari Moore School, Universitas Pennsylvania pada tahun 1943 dan selesai pada tahun 1945. Secara fisik ENIAC adalah komputer raksasa yang beratnya mencapai 30 ton dan bisa dimasukin manusia karena ukurannya yang sangat besar. Sebagai perangkat inputnya digunakan card reader IBM dan perangkat outputnya digunakan punch card. Teknologi yang digunakan ENIAC adalah tabung hampa yang merupakan karakteristik dari komputer generasi pertama.
generasi komputer
ENIAC
Kompunen utama dari ENIAC terdiri dari rangkaian dasar yaitu sebagai berikut:
  • Akumulator, berfungsi sebagai register pemroses (kemampuan membaca), ENIAC mampu melakukan 5000 penjumlahan atau pengurangan sederhana dalam tiap detiknya.
  • Inisiator, melakukan tugas-tugas khusus seperti melakukan power atau mematikannya.
  • Pemrogram utama, berfungsi untuk mengendalikan eksekusi program.
  • Multiplier, berfungsi sebagai bagian dari proses utama, ENIAC dapat melakukan 385 operasi perkalian perdetik.
  • Pembagi/pencari akar pangkat, dapat melakukan 40 proses pembagian perdetik dan 3 proses pencarian akar pangkat per detik.
  • Gate, melakukan operasi logic ‘AND’.
  • Buffer, melakukan operasi logic ‘OR’.
  • Pencetak, berfungsi untuk menampilkan hasil proses.
  • Unit sinkronisasi, berfungsi untuk proses sinkronisasi antar komponen.
  • Tabel fungsi, digunakan untuk pemrograman.
Namun seiring berkembangnya jaman dan banyak ditemukan penemuan-penemuan baru maka ENIAC pun mulai ketinggalan dari yang lain pada saat itu. Dan pada tahun 1955 ENIAC secara resmi dimatikan.
  • EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
EDVAC merupakan kelanjutan dari ENIAC. Eckret dan Mauchly secara resmi mempublikasikannya pada tahun 1947. EDVAC dirancang sebagai komputer serbaguna, dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Komputer ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan pada Laboratorium Riset Balistik milik departemen pertahanan Amerika Serikat. Aplikasi yang dapat diselesaikan adalah perhitungan besar sudut rudal balistik sehingga rudal tepat mengenai sasaran. Program sepenuhnya disimpan dalam memori komputer. Ide pembangunan EDVAC tidak terlepas dari konsep dasar komputer modern Dr. John Von Neumann dalam “A very high-speed automatic digital computing system, and in particular with its logical control”. Beberapa organisasi dasar komputer EDVAC adalah sebagai berikut:
  • Reader-Recorder, berfungsi untuk membaca dan merekam inputan.
  • Control Unit, bagian yang mengendalikan dan mengelola seluruh komponen komputer.
  • Dispatcher (Pengatur), bagian ini berfungsi sebagai penterjemah permintaan dari bagian kendali dan memori dan meneruskan jalur kendali pada komponen-komponen lain.
  • High-speed Memory, terdiri dari dua buah bagian memori, masing-masing memorinya memiliki 64 baris dan setiap baris memiliki kapasitas 8 word.
  • Computer, berfungsi untuk melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
  • Timer.
generasi komputer
EDVAC
EDVAC cukup efisien dan berarti pada saat itu. Digunakan sampai tahun 1961 sebelum digantikan oleh BRLSEC komputer elektrinik pertama yang sepenuhnya dirancang oleh BRL (Ballistics Research Laboratory).
  • UNIVAC I (Universal Automatic Computer I)
UNIVAC merupakan rancangan Eckret dan Mauchly berikutnya setelah EDVAC. Mereka mendirikan perusahaan “The Eckret-Mauchly Computer Company” dengan UNIVAC I sebagai produk pertamanya. Merupakan komputer komersila pertama yang dipasarkan sejak tahun 1951 sampai tahun 1958 telah dibuat 46 buah UNIVAC I untuk berbagai kepentingan seperti biro sensus departemen perdagangan Amerika, Universitas New York, perusahaan asuransi Prudential, dan perusahaan General Electric. Fitur dari UNIVAC I adalah sebagai berikut:
  • Memori utama terdiri dari 1000 word yang masing-masing memiliki 12 karakter.
  • Instruksi terdiri dari 6 karakter alphanumeric.
  • Mampu melakukan 1000 perhitungan per detik.
  • Digit dipresentasikan menggunakan aritmetik excess-3 (“XS3″) BDC (Binary Codec Decimal).
  • Digunakan untuk aplikasi bisnis dan administrasi.
generasi komputer
UNIVAC I
generasi komputer
Eckret-Mauchly
Komputer-komputer diatas merupakan sedikit dari komputer yang diciptakan pada generasi pertama. Masih banyak lagi komputer yang dirancang pada generasi pertama dengan perusahaan yang berbeda. Ciri-ciri umum dari komputer generasi pertama adalah sebegai berikut :
  1. Teknologi dasarnya menggunakan tabung hampa (Vaccum Tube).
  2. Program dibuat dengan bahasa mesin.
  3. Menggunakan konsep Stored-program.
  4. Memori utama menggunakan teknologi Magnetic Core Storage.
  5. Ukuran fisik komputer besar.
  6. Fisik komputer cepat panas.
  7. Membutuhkan daya listrik yang besar.
Itulah mengenai komputer pada generasi pertama. Seiring berjalannya waktu tentu sangat pesat sekali  perkembangan komputer hingga kini.

KOMPUTER GENERASI KEDUA
Generasi kedua diawali dengan perubahan teknologi dasar pembangunan rangkaian. Pada generasi pertama teknologi dasar yang digunakan adalah tabung hampa, nah pada generasi kedua teknologi dasar yang digunakan adalah transistor. Transistor adalah semikonduktor yang berfungsi sebagai penguat, switch, modulasi sinyal dan lain-lain. Fungsi tabung hampa Trioda-Fleming tercakup didalamnya. Transistor secara resmi dibuat pada tahun 1947 oleh William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain dari Bell Telephone Laboratories. Penemuan transistor merupakan awal teknologi komputer generasi kedua sebagai pengganti tabung hampa. Ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama. Beberapa komputer pada generasi kedua adalah sebagai berikut:
  • DEC PDP-1 (Digital Equipment Corporation Programmable Data Processor-1)
DEC adalah perusahaan yang didirikan oleh Ken Olson dan Harlan Anderson pada tahun 1957. PDP-1 adalah mesin 18-bit yang pertama dibangun oleh DEC. Komputer interaktif berukuran kecil. Mesin ini dikenalkan oleh DEC pada tahun 1960 sebagai komputer komersial. Komponen-komponen dasar PDP-1 adalah:
  1. Pemrosesan pusat terdiri dari bagian kendali, elemen aritmatik, pengalamatan memori dan register.
  2. Sistem memori memiliki kapasitas sampai 4096 word (1 word = 18 bit) dan dapat diperluas sampai 65536 word.
  3. Piranti input-output: monitor CRT berdiameter 16 inci dengan 1024 x 1024 titik, light pen dan parallel drum.
generasi komputer
DEC PDP-1
  • UNIVAC III
UNIVAC III diperkenalkan pada tahun 1962. Mesin ini merupakan pengembangan dari UNIVAC I dan UNIVAC II. Memorinya dibuat sebagai tumpukan 29 balok dari 4096 core. Bagian pemroses pusat memiliki 15 register indeks. Sistem operasi yang digunakan untuk mengatur sistem dikenal dengan nama CHIEF atau BOSS.
Ciri khas dari komputer generasi kedua adalah sebagai berikut:
  1. Teknologi dasar rangkaiannya adalah transistor.
  2. Menggunakan bahasa pemrograman seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL, dan lain-lain.
  3. Kapasitas memori utama lebih besar dengan kemampuan menyimpan puluhan ribu karakter.
  4. Menggunakan memori sekunder berupa magnetic tape dan magnetic disk untuk menambah kapasitas penyimpanan.
  5. Aplikasi yang dijalankan untuk bisnis dan teknik.
  6. Ukuran fisik lebih kecil dibandingkan komputer generasi pertama.
  7. Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
generasi komputer
UNIVAC III
KOMPUTER GENERASI KETIGA
Transistor merupakan lompatan teknologi yang besar. Para peniliti tahun 1950-an mencoba membuat rangkaian yang terintegrasi dengan teknologi dasar transistor. Usaha ini dilakukan untuk lebih mengefesiensikan kerja komputer. Rangkaian yang terintegrasi akan meningkatkan kecepatan proses. Perpindahan data dari satu kompunen ke komponen lain lebih memerlukan waktu yang sedikit.
Jack S. Kilby seorang karyawan Texas Instrument yang pertama kali memiliki ide untuk menyatukan seluruh komponen dalam satu blok (monolith) semikonduktor. Pada tahun 1958 ide Kilby ini diwujudkan, dia membuat IC (Integrated Circuit) yang pertama. Konsep awal IC sendiri pertama kali muncul pada tahun 1952 dikonsepkan oleh seorang ilmuwan radar Inggris Geoffrey W.A. Dummer namun tidak berhasil mewujudkan rancangannya tersebut.
Penemuan Kilby ini dilanjutkan oleh Robert Noyce yang merancang IC dengan jalur koneksinya sehingga IC dipasarkan secara massal. Penemuan IC merupakan sumbangan besar bagi komputer generasi ketiga. Pada komputer generasi ketiga IC mulai digunakan menggantikan transistor. Beberapa komputer dari generasi ketiga antara lain sebagai berikut:
  • IBM S/360
Komputer IBM S/360 adalah sebuah mainframe yang dibuat pada tahun 1964 dengan menggunakan IC sebagai teknologi dasar rangkaiannya. IBM S/360 merupakan awal komputer modern. Nama IBM S/360 digunakan karena kemampuannya melakukan operasi satu lingkaran penuh (360 derajat) yaitu dapat digunakan untuk berbagi aplikasi bisnis maupun teknik. Sistem operasi yang digunakan IBM S/360 adalah:
generasi komputer
  1. DOS/360 untuk mesin kecil seperti IBM S/360 model 30 dan 40.
  2. OS/360 untuk sistem Multiprogramming.
  3. TSS/360 untuk sistem Time-Sharing Multi-user.
    IBM S/360
  • DG-Nova (Data General Corp. Nova)
Nova adalah komputer mini 16 bit pertama dirancang oleh Edson de Castro dari DG (Data General). IC yang digunakan berjenis MSI (Medium-Scale Integrated Circuits). DG sendiri adalah perusahaan yang didirikan oleh mantan karyawan DEC yang tidak puas dengan kebijakan perusahaan. DG membuat Nova pada tahun 1969. Rancangannya mirip dengan PDP-8 dengan kemampuan yang lebih baik. Kesuksesan Nova diikuti oleh penurusnya yaitu Supernova. Sistem operasi yang digunakan untuk menjalankan Nova adalah DOS dan RDOS. Perangkat lunak yang jalan pada Nova adalah Algol 60 compiler, Fortran IV, dan Basic.
generasi komputer
DG-Nova
Komputer generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Teknologi dasar pembangun rangkaiannya adalah IC.
  2. Penggunaan sistem operasi lebih bervariasi sesuai dengan kebutuhan.
  3. Piranti output berupa layar terminal yang dapat menampilkan gambar dan grafik.
  4. Menggunakan memori sekunder dengan kapasitas yang lebih besar yaitu magnetic disk yang dapat menyimpan jutaan karakter.
  5. Memiliki fitur Multiprocessing dan Multiprogramming yaitu dapat memproses sejumlah data dari berbagai sumber yang berbeda dan dapat mengerjakan beberapa program secara bersamaan.
  6. Memiliki fitur jaringan, satu komputer dapat berkomunikasi dengan komputer lain. Kecepatan proses yang lebih baik yaitu satu nanoseconds per detik.
  7. Kapasitas memori yang lebih besar, dapat menyimpan ratusan ribu karakter.
  8. Penggunaan daya listrik yang lebih hemat.

KOMPUTER GENERASI KEEMPAT
Pada komputer generasi keempat, teknologi dasar sebagai ciri khasnya adalah penggunaan LSI (Large-Scale Integration) dan VLSI (Very Large-Scale Integration). LSI dan VLSI adalah teknologi pemampatan komponen elektrik dalam satu chip/IC. Klasifikasi chip IC berdasarkan jumlah elektronik didalamnya adalah sebagai berikut:
    • SSI (Small-Scale Integration): sampai 100 komponen elektronik per chip.
    • MSI (Medium-Scale Integration): dari 100 sampai 3000 komponen elektronik per chip.
    • LSI (Large-Scale Integration): dari 3000 sampai 100000 komponen elektronik per chip.
    • VLSI (Very Large-Scale Integration): 100000 sampai 1000000 komponen elektronik per chip.
    • ULSI (Ultra Large-Scale Integration): lebih dari 1 juta komponen elektronik per chip.
Pada dasarnya teknologi dasar yang generasi ketiga dan keempat tidak berbeda. Perbedaan terletak pada tingkat pemampatan generasi keempat lebih tinggi dibandingkan dengan generasi ketiga. Pemampatan komponen adalah hal yang logis karena dua alasan yaitu ekonomis dan cepat. Semakin mempat maka biaya yang digunakan untuk membangunnya akan semakin sedikit, sebaliknya kecepatannya semakin tinggi karena jarak antarkomponen yang semakin dekat. Komputer yang mewakili generasi keempat adalah sebagai berikut:
  • IBM S/370
IBM meluncurkan seri IBM S/370 pada tahun 1970. Mesin ini menggunakan chip LSI sebagai teknologi dasarnya. Memori utama kecepatan tinggi menggunakan chip silikon tunggal. Menambah kapasitas memori dengan RCS. Kode dasar kumpulan instruksi S/370 disimpan dalam RCS termasuk juga fungsi kendali. Komputer saat itu tidak hanya digunakan untuk tujuan khusus seperti perang dan lain-lain, tapi bidang bisnis sangat mendominasi penggunaan komputer.
generasi komputer
IBM S/370
Pada generasi keempat ini sudah ada personal komputer. Yaitu komputer yang digunakan perseorangan. Pada tahun 1975 Bill Gates dan Paul Allen mendirikan perusahaan Microsoft. Disusul tahun 1977 Steve Wozniak dan Steve Jobs mendirikan perusahaan Apple. Lalu tahun 1980 IBM memeperkenalkan Personal Computer dengan sistem operasi DOS. Empat tahun kemudian perusahaan Apple memperkenalkan operating system berbasis GUI yaitu komputer dengan tampilan grafik yang lebih baik, sudah bukan hitam putih lagi. Dan ditahun berikutnya Microsoft memperkenal sistem operasi windows. Dan pada generasi keempat ini mulai menggunakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek seperti C++ pada tahun 1985.
generasi komputer
Personal Komputer IBM
generasi komputer
Personal Komputer
KOMPUTER GENERASI KELIMA
Generasi kelima ditandai dengan teknologi paralel dan networking. Sudah mengenal internet. Awalnya hanya sebatas antar universitas saja, namun karena teknologi yang semakin maju kini dunia ini terasa tidak ada batas jarak dan waktu. Sudah banyak ditemukan web browser dan jangkauan komunikasi diseluruh dunia semakin tidak terbatas jarak dan waktu. Sampai saat ini adalah komputer generasi kelima yang semakin canggih dan sedang dilakukan penelitian tentang komputer generasi keeman yang pastinya akan lebih praktis, efisien, dan hemat waktu dan biaya.
generasi komputer

generasi komputer
 Pada generasi kelima seluruh dunia dihubungkan dengan internet dan tidak mengenal batas, jarak, dan waktu.
Komputer Generasi VI: Masa Depan

Dengan teknologi komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”. Dari sisi teknologi beberapa ilmuan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang. Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.


Kemungkinan Komputer Masa Depan
Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia. Kelebihan lainnya lagi, kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil. Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan.


TEKNOLOGI MASA DEPAN
- http://rikenbreathtaking.blogspot.com/2012_07_08_archive.html)





























Itulah perkembangan komputer dari pra generasi sampai genersi kelima. Dengan teknologi yang digunakan berbeda pada tiap generasi. Dan pasti akan semakin berkembang teknologi pada generasi selanjutnya.